Wisata Pulau Liwungan Banten ( Rute, Fasilitas, Harga Tiket ) 2019

Wisata Pulau Liwungan Banten ( Rute, Fasilitas, Harga Tiket ) 2019

Explorer yang selalu cool, pada musim liburan lebaran dan liburan tahun baru biasanya banyak yang menjadikan pantai sebagai destinasi berwisata. Di daerah Pandeglang sendiri ada banyak sekali destinasi tempat wisata favorit para wisatawan. Karena itu, setiap waktu liburan wilayah ini senantiasa dipadati para pengunjung.

Sayangnya, banyak di antara para explorer yang belum mengetahui Pulau Liwungan (biasanya kami menyebut Haliwungan) Padahal pulau ini masih sangat asri dan tentunya sangat eksotis. Karena itu, para explorer yang kepo dengan tempat wisata kepulauan di Pandeglang, berikut ini kami suguhkan data seputar pulau Liwungan yang primadona itu.

Kenalan dengan Pulau Liwungan

Pulau Liwungan

Pulau Liwungan adalah pulau yang tak berpenghuni. Dengan luas sekitar 46 hektar, pulau ini kerapkali dijadikan destinasi tempat wisata bahari. Memang menurut gossip yang beredar, pulau ini milik mantan gubernur banten yang kini mendekam di KPK, tapi min tidak terlalu tahu soal itu. Yang jelas, pulau ini diurus oleh sebuah keluarga yang ditugaskan oleh pemprov Pandeglang.

Keindahan Pulau Liwungan Pandeglang Banten

Keindahan Pulau Liwungan

Menurut wawancara waratawan daarulaman.com dengan voyager cantik asal Kananga, pulau ini masih sangat asri. Namun tentu mengalami perubahan pada sebagian spot pulau. Dahulu, sekitar tahun 2012 ia pernah mengunjungi pulau ini dan pemandangannya sangat memanjakan kamera untuk jepret sana jepret situ. Biasanya selfie play on words menjadi minute berharga di sini.

Namun ketika ia mengunjunginya lagi pada tahun 2018, katanya tempat ini mengalami beberapa perubahan. Hanya saja voyager cantik ini enggan memberi keterangan detail perbedaan suasana antara tahun 2012 dengan 2018. Meski demikian, ia memberi penjelasan bahwa pulau ini indah, suasananya menyegarkan mata dan membuat hati selalu takjub dengan the creater, Allah Swt.

Rute Menuju Pulau Liwungan Pandeglang Banten

Sobat voyager yang baik hatinya, kalau sobat ingin berkunjung ke pulau ini, sobat bisa memilih beberapa elective rute. Jika sobat dari Jakarta menggunakan kendaraan umum, sobat bisa naik transport di terminal Rambutan menuju Merak, lalu berhenti di terminal Serang dan naik lagi transport jurusan terminal Tarogong. Dari Tarogong, nanti sobat bisa naik angkot ke Pasar Panimbang atau naik mobil PS. Nanti berhenti di Pesisir Cipanon.

Itu yang pertama. Kemudian jika sobat naik kendaraan pribadi – dan ini yang disarankan-sobat bisa memacu kendaraannya dari Jakarta hingga pasar Panimbang. Lalu, terus berjalan menuju arah Tanjung Lesung dan berhenti di pesisir Cipanon. Di tempat ini sobat akan begin menuju pulau haliwungan. Naik apa?

Nah, nanti sobat sewa kapal engine yang kapasitasnya 10 orang. Sekitar 20 menitan dari pesisir ini, sobat akan sampai di pulau Liwungan. Jika sobat ingin menambah fasilitas swimming, sobat tinggal nambah 10 ribu aja. Kami sarankan sobat lakukan ini ya, sebab sangat rugi jika ke Liwungan tidak merasakan swimming. Padahal alam bawah laut indah banget lho.

Tiket dan Fasilitas Pulau Liwungan

Seperti yang kami sampaikan tadi, biaya yang perlu sobat keluarkan cukup biaya perahu dan swimming saja. Selain itu tidak ada biaya tambahan lagi. Kecuali jika sobat ingin makan-makan di pulau, ya tentu sobat bisa membeli pop mie. Hehe. Oya, karena pulau ini tidak dihuni penduduk, jadi tidak ada restoran atau warteg. Karena itu, sebaiknya sobat bawa bekal dari rumah ya.

Adapun fasilitas, sobat bisa menikmati pantai sekehendaknya, bermain pasir putih, swimming, poto-poto, nongkrong-nongkrong, ngofi, ngegosif dan sebagainya. Selain itu, sobat juga bisa mancing ikan jika ingin mencoba. Sementara tempat keramat, sobat juga bisa berziarah ke tempat tapak tilas Prabu Siliwangi, Raden Kiansantang dan Syekh Nurdjati. Wallahualam.

Di bawah ini information terbaru terkait fasilitas umum yang ada di pulau liwungan banten dan juga data terbaru biaya yang harus sobat siapkan untuk menikmati keindahan wisata pulau liwungan banten yang eksotis bangeeeed.

Fasilitas Umum Di Pulau Liwungan Banten Terbaru 2019

√ Terdapat dermaga

√ Terdapat warung kecil

√ Terdapat region untuk outdoors

√ Terdapat pos penjaga pulau

√ Terdapat latrine dan kamar mandi bilasan

√ Terdapat saung atau gazebo untuk bersantai

√ Terdapat spot mancing di dermaga kayu

√Terdapat permainan air banana pontoon disaat end of the week

Biaya ke Pulau Liwungan Terbaru 2019

√ Harga tiket masuk pulau liwungan Rp. 10.000

√ Harga sewa kapal Rp. 600.000 (kapasitas 12 orang)

√ Permainan air banana pontoon Rp. 150.000 (kapasitas 6 orang)

√ Harga bilasan dan can di pulau liwungan Rp. 5.000

Tempat Penginapan di Pulau Liwungan

Karena pulau ini tidak berpenghuni, jadi tidak ada tempat penginapan yang tersedia di sini. Jangankan inn, homestay aja tidak ada, jangankan homestay warteg atau warsun aja tidak ada. Karena itu, bagi sobat yang ingin nginep, sobat bisa buat tenda pribadi saja. Nanti malam harinya sobat bisa melakukan aktifitas mancing. Seru loh, menikmati suasana pantai di bawah rembulan. Huh.

Aturan Pulau Liwungan

Bagi para pengunjung yang hendak berliburan ke sini, ada baiknya memperhatikan aturan-aturan yang harus dipatuhi. Kalau tidak, nanti bisa membuat sobat celaka di akherat. Aturannya tiada lain adalah jangan membuang sampah sembarangan. Hehe. Ya tentunya kemana quip kita berkunjung, sepatutnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Demikian data seputar pulau Liwungan yang ditulis langsung oleh orang Pandeglang sekaligus menggali information lebih dalam dari voyager cantik bernama Mutia Apriliani. Much obliged, Mutia. Semoga data ini bermanfaat buat kita semua.

Tinggalkan komentar