Pulau Sangiang Banten, Serpihan Surga Di Ujung Barat Pulau Jawa

Pulau Sangiang Banten, Serpihan Surga Di Ujung Barat Pulau Jawa

Pulau sangiang adalah sebuah pulau kecil di ujung pulau jawa yang dahulu adalah wilayah konservasi dan cargar alam yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Dengan lingkungan pulau yang masih hijau alami dengan hutan tropis, pantai berpasir putih dengan airnya yang biru dan tenang seakan menambah keeksotisan pulau sangiang.

Pulau Sangiang berada di Selat Sunda yang memisahkan antara pulau jawa dan pulau sumatera. Pulau Sangiang awalnya nya adalah sebuah Cagar Alam dengan luas 700,35 Ha. Pada tahun 1991Dirubah menjadi wisata perairan dengan absolute luas 720 HA.

Pada tanggal 8 Februari 1993 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 55/Kpts-II/1993 kawasan Cagar Alam diubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam pulau sangiang dengan luas all out 700 ha dengan 528,15 ha berupa daratan dan 200 ha berupa lautan

Pulau sangiang dari daratan pantai anyer memang kelihatan dan terlihat sangat sepi, seakan-akan tidak ada kesibukan disana. Pulau sangiang memiliki luas kurang lebih 700 ha dan hanya terdapat sekitar 40 kepala keluarga . Di pulau sangiang terdapat sekitar 10 rumah warga asli yang terpencar di beberpa penjuru pulau sangiang.

Yang menjadi andalah taman wisata alam pulau sangiang adalah pantai yang masih alami dengan pasir putih dan air laut yang biru jernih, Area jumping yang memiliki keragaman jenis ikan dan beraneka terumbu karang. DItambah keadaaan pulau sangiang yang masih hijau alami.

Pulau sangiang banten secara administratif masuk dalam wilayah Kampung Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Sangiang dari pulau jawa tidak membuat pulau sangiang ini menjadi terkucilkan. Malah sebaliknya. Semakin lama pulau sangiang menjadi destinasi wisata yang banyak diburu para wisatawan berbagai daerah.

Pulau sangiang terletak di titik kordinat antara 105′49′30″ – 105′52′ Bujur Timur 5′56′ – 5′58′50″ . Berada tidakjauh dari kecamatan anyer dan hanya menutuhkan waktu kurang lebih 30-45 menit perjalanan laut dengan kapal yang tersedia di pelabuhan paku anyer.

Rute menuju pulau sangiang cukup mudah. Dari Kota Serang Banten, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum atau mobil langsung menuju Cilegon.lalu perjalanan diteruskan menuju ke kota Anyer, dan langsung menuju di Pelabuhan Paku Anyer.

Fasilitas Di Pulau Sangiang

Pulau sangiang bukan pulau dengan berbagai fasilitas yang lengkap, pulau sangiang hanya sebuah pulau alami yang masih jarang di jamah oleh wisawatan, jadi dipulau sangiang memang belum terdapat fasilitas-fasilitas mewah layaknya destinasi wisata lain.

Tetapi hal itulah yang menarik di pulau sangiang banten, para pengunjung yang mendatangi pulau sangiang akan di suguhkan dengan kondisi alam yang masih alami dengan pantai-pantai pasir putih serasa pantai pribadi.

Sampai saat ini pulau sangiang belum ada fasilitas penginapan. Jadi para wisatawan yang akan menginap di pulau sangiang di harapkan membawa camp sendiri.

Keindahan pulau sangiang

Hampir sama dengan wisata kepulauan lain di indonesia, yang banyak dicari oleh pengunjung adalah pemandangan bawah laut atau jumping di pulau sangiang. Pengunjung yang jumping di seputar wilayah pulau sangiang akan menemukan beraneka ragam ikan. yang aling banyak adalah jenis ikan badut atau sering disebut ikan nemo.

Pantai di pulau sangiang juga tidak kalah indahnya. Pantai dengan beberapa karang di pinggir pantai , di tutupi dengan psir putih membuat pantai-pantai di pulau sangiang menjadi sangat romantis. Seakan-akan pantai di pulau sangiang ialah pantai pribadi karena masih sangat sepi.

Tinggalkan komentar